Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
Perusahaan
A. Pengertian
Perusahaan
Adalah
suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan
faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat,
mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan
dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di
organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk
menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk
menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan.
B.
Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Pemilihan
tempat dan letak perusahaan, faktor penting untuk menjamin tercapainya:
- Tujuan
perusahaan
- Efisiensi
perusahaan
- Daerah
pemasaran produk
- Pindah
tempat : tidak ekonomis dan peraturan pemerintah
1. Tempat
Kedudukan Perusahaan
Adalah
kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran
hubungan dengan lembaga lainnya.
2. Letak
Prusahaan
Adalah
tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor
ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
3. Jenis-Jenis
Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
o Terikat pada alam
Pada umumnya karena tersediaan dan
kemudahan bahan baku.
Contoh
: Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
o Terikat sejarah
Perusahaan
menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di
jelaskan berdasarkan sejarah.
Contoh
: Perusahaan batik, pekalongan.
o Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan
yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
Contoh
: Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
o Dipengaruhi oleh faktor-faktor
ekonomi
Yang
bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja,
modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.
C. Perusahaan
dan Lembaga Sosial
Perusahaan
adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi
masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai
tujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian
kepada masyarakat.
1.
Tujuan Pendirian Perusahaan
Di
badakan menjadi 2, yaitu :
o Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan
untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh
: Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas,
harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
o Tujuan
social
Perusahaan memperhatikan keinginan
investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua
tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu
memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
2.
Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Perusahaan
adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi
yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta
distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan,
pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.
Kepada pemilik
modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
Kepada lembaga
peneliti => membantu pendanaan.
Kepada pekerja
=> membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
Kepada konsumen
=> menyediakan B&J yang bagus.
Kepada pemerintah
=> membayar pajak.
3.
Sifat Sistem
Perusahaan
Ada beberapa
sifat :
o Kompleks
o Sebagai suatu kesatuan / unit.
o Sifatnya beragam.
o Saling tergantung.
o Dinamis
4.
Fungsi-fungsi Perusahaan
Ada 2
fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer,
terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
o Fungsi operasi
Pembelian
dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan,
akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi,
pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
o Fungsi manajemen
Perencanaan,
pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya
berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer,
terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.
5.
Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkan
kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali.
Cirri umumnya :
o Operatif
Adanya
aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi
barang dan jasa.
o Koordinatif
Diperlukan
koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai
tujuan.
o Regular
Untuk
mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung
aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
o Dinamis
Lingkungan
selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap
perubahan.
o Formal
Tunduk
kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
o Lokasi
Perusahaan
didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis
jelas.
o Pelayanan
Bersyarat
Keberhasilan
perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara
geografis jelas.
Lingkungan
Perusahaan
Keseluruhan dari faktor-faktor
ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Pada
dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan
eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
perusaan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A) Lingkungan
eksternal makro
Adalah
lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
usaha. Contoh :
o Keadaan alam => SDA, lingkungan.
o Politik dan hankam => kehidupan
operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana
perusahaan berada => menciptakan.
o Hukum
o Perekonomian
o Pendidikan dan kebudayaan
o Social dan budaya
o Kependudukan
o Hubungan internasional.
B) Lingkungan
eksternal mikro
Adalah
lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
o Pemasok / supplier : yang menunjang
kelangsungan operasi perusahaan.
o Perantara, misalnya distribotur,
pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
o Teknologi : yang berkaitan dengan
perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
o Pasar, sebagai sasaran dari produk
yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Adalah
factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi
hasil produksi.
Contoh
:
o Tenaga kerja
o Peralatan dan mesin
o Permodalan (pemilik, investor,
pengelolaan dana)
o Bahan mentah, bahan setengah jadi,
pergudangan
o System informasi dan administrasi
sebagai acuan pengambilan keputusan.
Ada beberapa pendekatan dalam
melihat bisnis dan lingkungangannya yaitu:
1.
Biaya
Berkaitan dengan Pengelolaan Lingkungan
2.
Lingkungan
dan Bisnis
3.
Lingkungan
dan Investasi Perbankan
4.
Lingkungan
dan Citra Perusahaan
5.
Lingkungan
dan Issu Global
6.
Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan
Sumber:
Komentar
Posting Komentar